Selasa, 16 Maret 2010

chapter 5 : bertengkar




Bertengkar juga punya aturan…!!!


Setiap pasangan suami istri ataupun pacaran, tentu ingin agar hubungan mereka baik-baik saja, tapi kadang perselisihan pendapat atau prinsip sering menyebabkan pertengkaran,, tahu kah anda kalau bertengkar juga ada aturannya.

Pasangan paling harmonis pun pasti pernah meraasakan yang namanya bertengkar. Soalnya ngak mungkin menghindari kesalahpahaman atau perbedaan jika dua orang tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda. Apalagi kalo udah menikah, hidup di satu atap dan bertemu hampir setiap hari, ternyata pertengkaran ada 2 jenis, yaitu pertengkaran buruk dan pertengkaran baik. Pertengkaran buruk bisa merenggangkan hubungan sementara pertengkaran baik bisa menambah keharmonisan,,mau tau bagai mana caranya...???




BERTENGKAR = KOMUNIKASI
Bertengkar bisa dianggap sebagai komunikasi, dalam bentuk yang keras. Pertengkaran antar individu biasanya terjadi karena adanya perbedaan pendapat, ketidakpuasan atau keadaan emosional salah satu ataupun dari kedua belah pihak. Jadi bisa dibilang, bahwa pertengkaran merupakan salah satu ekspresi keinginan, kebutuhan, perasaan atau pikiran yang berlangsung dala suhu tinggi. Yang membedakan pertengkaran dengan komunikasi normal adalah tingkat stres, intensitas serta caranya. Menurut para ahli, pertengkaran merupakan salah satu petunjuk adanya pola komunikasi yang kurang terpelihara dalam pasangan, sehingga emosi-emosi negatif akibatpenumpukan masalah masalah terdahulu meletup dalam waktu singkat,,kaya bom...!!!

MANFAAT BERTENGKAR
Walaupun bentuk komunikasi yang ideal, pertengkaran yang dikelola dengan baik bisa menghasilkan sebuah manfaat. Dengan bertengkar masing- masing pihak bisa saling memahami pasangannya dengan lebih baik. Saat bertengkar itu, yang biasanya disertai dengan rasa marahmenghasilkan energi psikis yang kuat. Hal yang dalam keadaan biasa tidak terucap, bisa jadi terungkap. Dan selama masing-masing pihak dapat mengontrol diri untuk tidak melakukan hal-hal yang diluar batas, seperti memukul misalnya.. Bertengkar bisa melatih kesabaran dan menguji kejernihan pikiran kita dalam keadaan panas. Selain itu, pertengkaran juga bisa menambah kemesraan. Dalam keadaan tegang, tubuh kita menghasilkan adrenalin yang merupakan hormon yang dihasilkan tubuh dalam keadaan bahaya atau stress. Dan adrenalin ini memiliki efek samping yang menyenangkan, yaitu meningkatkan gairah sex.. karena itu, tak heran hubungan intim yang dilakukan setelah bertengkar biasanya terasa lebih hidup dan menggairahkan.

BERTENGKAR DENGAN ”BENAR”
Apa sajakah persyaratannya agar pertengkaran kita bisa menghasilkan manfaat..??
Para pakar mengatakan, bahwa seperti hukumkomunikasi lainnya, pertengkaran juga membutuhkan kejelasan pesan, cara penyampaian yang benar, serta kemampuan menerima pesan yang disampaikan. Karena itu, sangatlah penting menjaga kejernihan pikiran ketika sedang bertengkar dengan pasangan. Berikut ini adalah panduan mengenai beberapa hal yang boleh dan yang tidak bolehdilakukan selama bertengkar,, tolong simak baik-baik,,hee...
1. menjaga volume suara sepelan mungkin. Kamu gak perlu teriak-teriak untuk menyampaikan keinginan kamu, apalagi kalo ada anak-anak yang mendengarkan pertengkaran kalia, belum lagi tetangga yang dengar, bisa jadi bahan gosip tu,hee...
2. jangan bicara terlalu cepat. Kata-kata yang diucapkan hampir bersamaan dalam waktu singkat ngak mungkin bisa dicerna dengan baik oleh pasangan mu..
3. jangan menyampaikan kekecewaan yang akan membuat pasangan anda sakit hati. Pasangan kamu akan lebih teringat dengan kata-kata yang menyakitkannya, sehingga pesan yang ingin kamu sampaikan tidak tertangkap.
4. katakan dengan jelas, apa masalah kamu saat itu. Jangan ngelantur membicarakanmasalah yang gak relevan atau yang sudah lama berlalu, alias BASI..
5. jangan Cuma membicarakan kesalahan pasangan kamu saja, tapi juga apa yang kamu inginkansehingga bisa memperbaiki dirinya.
6. jangan langsung mengajak bertengkar pasangan yang baru saja pulang kantor. Sambutlah ia dengan dingin (bukan ketus), sehingga ia bisa merasakan suasana hati kamudan menyiapkan diri, dan beri kesempatan pasangan anda untuk menghilangkan penat.
7. terakhir,, jangan terlalu sering bertengkar. Selain menghindari pasangan jadi kebal terhadap protes kamu, masalah akan lebih mudah diatasi jika dibicarakan dalam suasana yang santai.

Semoga bermanfaat,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar