Minggu, 21 Maret 2010

chapter 13 : sisi positif dari sebuah kegagalan

Sisi positif dari sebuah kegagalan

Kegagalan memang tidak dapat dihindari, kegagalan bisa datang kapan saja dan dimana saja. Tapi kegagalan dapat diminimalisir, setidaknya dengan mempersiapkan diri secara matang, belajar dari orang-orang yang pernah melakukan tindakan yang akan kita lalui, itu akan mengurangi tingkat kegagalan tersebut. Jangan takut gagal, karena kita bisa banyak belajar dari kegagalan itu, yang akan membuat kita lebih baik,,simak tips dibawah ini..:
1. lebih waspada
kita terkadang kurang memperhitungkan resikoyang mungkin timbul dari tindakan yang kita lakukan, saat kegagalan itu datang, mungkin kita bisa melakukan instropeksi diri. Hal-hal apa saja yang mungkin selama ini tidak kita perhatikan, namun ternyata menjadi batu sandungan. Dengan kata lain, kita bisa lebih waspada dengan hal-hal kecil yang mungkinbisa menghambat tujuan kita.
2. tingkatkan kualitas
salah satu penyebab kegagalan adalah kemampuan yang kita miliki lebih kecil daripada halangan yang ada, sehingga langkah kita seperti terhenti sejenak. Ambil sisi positif darihal ini, tingkatkan kualitas, kemampuan dan pengetahuan sedemikian rupa, sehinggamasalah akan tampak lebih mudah dihadapi/diatasi dengan kemampuan kita yang meningkat tersebut.
3. tingkatkan networking
kita mungkin bisa gagal karena tidak didukung oleh orang-orang yang berkompeten yang bisa membantu kita mencapai tujuan tersebut. Memang ada hal-hal yang bisa kita lakukan seorang diri, tapi untuk meraih sesuatu yang lebih besar, ada kalanya kita juga membutuhkan bantuan orang lain. Ibaratnya anda adalah insinyur terbaik, namun untuk membangun jembatan kita masih butuh tukang besi, tukang las, tukang batu, serta orang-orang yang bisa mewujudkan impian anda. Jadi saat mengalami kegagalan, jangan ragu untuk meningkatkan networking dengan orang-orang yang bisa membantu anda.

god luck...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar