Selasa, 15 Juni 2010

chapter 35 : tips bergaul



1. mulailah dengan hal hal yang umum
sapa lah dengan wajah tersenyum dan memulai pembicaraan yang umum seperti menanyakan rumah, tinggal dengan siapa,pekerjaannya apa,dll. Tapi ingat bila dia tidak menjawab maka jangan dipaksa untuk menjawab pertanyaan anda. Jangan sampai anda disebut SKSD karena hal itu.

2. jangan pernah mengeritik maupun menilai diri sendiri
jangan pernah mengeritik atau menjelek jelekan diri sendiri, biarlah orang lain yang menilai kita, karena ketakutan akan penilaian orang itu suatu hambatan dalam pergaulan.

3. berhati hati dalam memberikan pujian atau kritik
jangan pernah memberikan kritik sambil memuji seseorang, misalnya ketika bertemu teman lama ”Wah,,sekarang kamu lebih cantik daripada waktu kecil”,, bisa saja dia menganggap kalo dulu dia tidak perna keliatan cantik.

4. berikan kesempatan untuk orang lain
walaupun lawan bicara anda pendiam sehingga anda yang memegang pembicaraan, berikanlah kesempatan orang lain untuk berbicara ataupun berkomentar, jika tidak maka lawan anda akan bosan mendengar apa yang anda bicrakan, berikan lah pertanyaan pertanyaan singkat sehingga dia terpancing untuk membahas topik yang disukainya.

5. gunakan body language
sikap badan atau bahasa tubuh sangat berpengaruh saat kita bergaul, pasang lah wajah yang welcome dan ceria, sertakan dengan senyuman manis anda. Ddengan itu dia akan merasa nyaman dan tertarik berteman dengan anda.

6. hindari perselisihan
bila kita terlibat dalam suatu pembicaraan, sebaiknya kita membicarakan hal hal yang ringan dan netral. Hal ini menghindarkan kita dari perdebatan atau perselisihan.

7. pandai membagi perhatian
jika kita bertemu dengan teman baru, ikut lah berbagi pembicaraan dengan mereka.

8. menjadi pendengar yang baik
bila kita tidak tahu apa yang sedang dibicarakan mereka, sebaiknya kita dengarkan saja. Dan sesekali bertanya agar suasana lebih segar.

9. seni mengelak
apabila kita berada dalam pembicaraan yang membosankan, maka anda bisa mengelak dengan alasan sedang sibuk atau ada pekerjaan lain. Tapi ingat jangan sampai dia tahu bahwa kita sedang menghindar.

10. humor
jika kita punya rasa humor yang tinggi itu akan menjadi nilai plus untuk menjalani suatu hubungan apapun, karena dengan begitu anda akan memjadi pribadi yang menarik.

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar